Empat Manfaat Partisi Harddisk

Empat Manfaat Partisi Harddisk – Partisi harddisk merupakan pembagian harddisk menjadi beberapa bagian secara logical. Harddisk seolah-olah diberi sekat. Merencanakan pembuatan partisi harddisk tentunya merupakan langkah awal dari semua kegiatan proses instalasi sistem komputer dan ini merupakan keharusan yang dilakukan. 

Apakah manfaat partisi harddisk itu? Berikut manfaat dari partisi harddisk itu.


Menjaga data agar tetap aman, dengan pemisahan data dengan system maka ketika system akan rusak, maka data di partisi lainnya tidak akan rusak.

Dapat digunakan untuk menginstall sistem operasi lebih dari satu. Misalnya partisi drive C digunakan untuk Windows dan drive lainnya bisa digunakan untuk Linux.

Mempercepat kinerja harddisk
Dengan mempartisi harddisk, maka kinerja harddisk akan menjadi lebih cepat karena harddisk dibagi menjadi segmen-segmen kecil sehingga tidak perlu membaca isi data terlalu lama.

Mengakali harddisk yang mengalami bad sector  secara fisik (misal platter tergores oleh head harddisk).

Untuk bad sector secara magnetis dapat diatasi dengan low level formatting. Diakali dengan cara membuat partisi di antara partisi yang bad sector dan mengosongkan (unpartioned) partisi yang bad sector.

Demikian informasi mengenai manfaat partisi harddisk. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.

No comments

Powered by Blogger.